Rabu, 02 Desember 2009

DASAR BERMAIN BOLA BASKET III


3. Passing

Dasar teknik Bola basket berikutnya yang akan kita pelajari adalah Passing, Passing merupakan salah satu komponen paling penting dalam bermain Bola basket karena dalam hal ini basket sebenarnya adalah permainan tim dengan 5 pemain, jadi untuk passing merupakan komponen penting. Untuk mempelajari passing dengan baik pemain harus memahami PRINSIP-PRINSIP POKOK, prinsip-prinsip pokok itu adalah :

1. Melihat lingkaran ring
2. Mengoper sebelum mendrible
3. Ketaahuilah kekuatan dan kelemahan rekan-rekan tim anda
4. Time lead passes
5. Gunakan Tipuan
6. Draw and kick
7. Operlah dengan cepat dan tepat
8. Perkirakan kekuatan operan anda
9. Yakinkanlah Operan anda
10. Mengoper jauh dari penjaga
11. Mengoper ke rekan penembak bebas

Setelah kita memahami prinsip passing kita akan mengenal beberapa gerakan dasar passing
seperti chest pass, over head, bounce pass

A. Chest pass
Chest pass adalah teknik operan yang paling umum dalam permainan Bola basket karena dapat dilakukan dengan cepat dan tepat dari setiap posisi di atas lantai. Mulai dengan sikap seimbang. Pegang Bola dengan tangan di depan dada jaga agar siku masuk.Tangan anda seharusnya sedikit ke belakang, lihat target dan gerakan lanjutan saat melepas atau Follow Through.

B. Bounce Pass
Bounce pass adalah teknik yang hampir sama dengan teknik chest pass tetapi dilakukan bila pemain lawan berada diantara anda, dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan memperkirakan jarak dan kekuatan untuk mengerti atau dapat diterima dengan baik oleh penerima.

C. OverHead Pass
Overhead pass dilakukan ketika anda dijaga ketat dan harus melewati lawan, seperti pada bounce pass overhead pass adalah pilihan untuk mengumpan berada di antara lawan dan low post, lemapran harus lob atau melambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar